Asesmen Hal.128-130 dan Hal.164-167
Hal. 128-130
A. Pilihan Ganda
1. A. Ingin menguasai kekayaan alam Indonesia.
2. A. Karena Jepang berhasil mengalahkan Belanda.
3. D. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.
4. B. Untuk memudahkan pengawasan dan mobilisasi rakyat.
5. D. Jepang memiliki kekuatan kepolisian dan militer yang lebih baik
B. Esai
1. Untuk memperluas kekuasaannya, untuk memperoleh sumber daya alam yang diperlukan dalam perang, dan sebagainya.
2. penjajahan Jepang berlangsung dalam masa perang dan akan lebih mudah untuk melakukan kontrol atas wilayah yang sangat luas jika dibagi-bagi dalam tiga wilayah, dan sebagainya.
3. Jepang menghapuskan sistem pendidikan formal yang berbasis ras dan kelas sosial yang rumit di masa Hindia Belanda dan memperkenalkan sistem pendidikan yang lebih egaliter, sederhana, dan seragam, mulai dari Sekolah Rakyat (6 tahun), Sekolah Menengah Pertama (3 tahun) dan Sekolah Menengah Atas (3 tahun).
4. Perbedaan strategi itu terjadi karena perbedaan kondisi yang dihadapi, perbedaan ideologi, perbedaan generasi, dan sebagainya.
5. Jepang memberikan janji kemerdekaan karena kondisi mereka terdesak dalam perang, Jepang ingin medapatkan dukungan dari bangsa Indonesia, dan sebagainya.
Hal. 164-167
A. Pilihan Ganda
1. C. Jepang ingin mendapat dukungan bangsa Indonesia.
2. E. Bangsa Indonesia harus merebut kesempatan dan menentukan nasib sendiri.
3. E. Tidak secara tegas mendukung atau menolak rencana proklamasi kemerdekaan.
4. A. Pernyataan dukungan terhadap Republik Indonesia yang barus diproklamasikan.
5. C. Untuk menghindari sensor dari pihak Jepang.
B. Esai
5. Para buruh Australia ikut aksi mogok yang dilakukan pekerja Indonesia karena mereka bersimpati pada perjuangan bangsa Indonesia dan mendukung kemerdekaan Indonesia
Komentar
Posting Komentar